Jumat, 28 Mei 2010

Soal UAS matakuliah Kecerdasan Mesin dan Artifisial (CS3243) aka Artificial Intelligence



Ujian Akhir Semester
Kecerdasan Mesin dan Artifisial (CS3243)
Semester: Genap 2009/2010
Sifat: Take Home, Buka Buku, Komputer, Internet




Perhatian !!!
• Anda harus menjawab SENDIRI semua pertanyaan di bawah ini secara jelas dan lengkap. DILARANG KERAS untuk berkomunikasi, bekerjasama, dan meminta bantuan siapapun.


• Jumlah soal ada dua. Soal pertama bersifat wajib dengan nilai 100 poin dan soal ke dua adalah bonus yang bersifat opsional dengan nilai 20 poin.

• Gunakan lembar jawaban yang tersedia pada halaman terakhir. Tambahkan Nama dan NIM anda pada footnote agar bisa ditelusuri jika berkas Anda tercecer. Jawaban diketik komputer, di-print dengan kualitas baik yang dapat dibaca.

• DILARANG memberikan ralat (menghapus atau menambahkan catatan dengan pena atau apapun) pada jawaban hasil print-out. Adanya ralat menunjukkan bahwa Anda tidak yakin dengan jawaban Anda sendiri dan terpengaruh oleh jawaban orang lain. Jawaban yang sepenuhnya ditulis tangan atau jawaban yang terdapat ralat tidak akan dikoreksi (nilai = 0).

• Lembar pernyataan harus ditandatangani oleh setiap mahasiswa yang bersangkutan. Jawaban yang tidak ditandatangani tidak akan dikoreksi (nilai = 0).

• Jawaban hasil print-out (lembar soal tidak perlu di-print) dan sudah ditandatangani dikumpulkan pada - Program Reguler: hari Selasa 01 Juni 2010 pukul 12.00. - Program Ekstensi: hari Selasa 01 Juni 2010 pukul 17.00.

• Tempat pengumpulan ditentukan oleh dosen masing-masing. Untuk kelas IF-31-01/02/07 dan IFX-33-01 dikumpulkan di lokernya Suyanto di depan ruang dosen ITP yang terdapat tanda ”SUO : IN”.

• Mahasiswa yang berhalangan (karena sakit atau hal lain), pengumpulan jawaban boleh diwakilkan ke orang lain.

• Tidak ada toleransi atas keterlambatan. Berkas ujian yang terlambat pengumpulannya tidak akan dikoreksi (nilai = 0)

• Periksa secara teliti semua solusi yang Anda buat sebelum di-print dan dikumpulkan.


1. Soal ini bersifat wajib dengan nilai 100 poin. Perhatikan kasus dunia balok pada gambar di bawah ini. Lakukan penelusuran menggunakan gambar dan kalimat untuk menjelaskan bagaimana metode Goal Stack Planning (GSP) dapat menghasilkan kumpulan operator yang dapat mengubah kondisi initial menjadi kondisi goal? Sebagai panduan, ingatlah kalimat berikut ini “Sesuai dengan namanya, GSP bekerja menggunakan sebuah stack dan berorientasi pada goal state”.

2. Soal ini bersifat opsional dengan nilai 20 poin. Jelaskan secara detail perbedaan antara metode Goal Stack Planning (GSP) dengan metode Constraint Posting (CP). Berikan justifikasi/alasan yang kuat mengenai kelebihan dan kekurangan kedua metode.


---o0o--- Please think more ---o0o---

Met mengerjakan kawan...
ini soal UAS Artificial Intelligence 2010

Tidak ada komentar: